03 Juni 2012

Tips & Trik Masuk STP Jakarta (Fisheries University of Jakarta)

Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta 2012

Yupss,... akhirnya saya berbagi tentang ini juga, hehe soalnya di postingan sebelumnya hanya film film dan film mulu yang di share...bosen x ya<<-_p

Tips ini saya bagi khususnya bagi adik2 yang sekarang lagi mencalonkan diri menjadi Taruna/i STP angk 48. Tentunya apa yang akan saya share ini berdasarkan pengalaman saya, menurut pengamatan saya, menurut perkiraan saya, dan apa lagi ya???? maka dari itu kalo ada kekurangan dan kesalahan ya lumrah to (medok mode on). Ok lah langsung saja ya........


Sebelumnya saya akan sedikit bertanya bagi anda yang ingin  bergabung dengan corps kami, menurut saya sih (hehe, pendapat pribadi ni) pertanyaan ini sangat penting untuk anda jawab:

1. Apa tujuan anda memperdalam bidang ini (kelautan & perikanan) ?
2. Dari manakah anda tahu informasi tentang sekolah ini?
3. Mengapa anda harus memilih mendaftar disini?
4. Apakah anda tahu betul dengan pilihan anda sekarang ini?
5. Apakah anda sudah mempersiapkan segala sesuatu agar pilihan anda ini terwujud?
6. Apakah tekad anda untuk melanjutkan pendidikan disini sudah bulat ? Apakah anda benar2 bertekad untuk konsisten dengan berusaha mencapai tujuan anda jika anda telah diterima dan menjadi Taruna/i STP ?
7. Apakah anda termasuk orang yang sabar, ulet, rajin, taat, berusaha keras, pantang menyerah, mudah bergaul (dapat memposisikan diri), mempunyai etika dan sopan santun, jujur, dan selalu berpikir cerdas ?

Hehe, (katanya tadi sedikit kok banyak ya ?  ternyata sedikit atau banyak itu kadang bersifat relatif :) ) sudahkah anda jawab ? ok sekarang simpan jawaban anda baik2 dalam diri anda, dan ingatlah suatu saat anda membutuhkan jawaban2 itu untuk mengembalikan semangat anda. Sekarang mulailah koreksi jawaban2 anda, jika anda merasa jawaban itu kurang tepat, atau kurang berkualitas, silahkan anda berusaha untuk mencari jawaban yang menurut anda lebih baik.


Sekarang kita kembali ke judulnya, Tips & Trik . (baru mulai ternyata om)
Sebenarnya dari sedikit pertanyaan saya diatas tadi sudah termasuk tips & trik yang jitu, tapi gpplah saya ulangi lagi agar lebih jelasnya, tapi ya lagi-lagi tips & trik ini menurut saya, :) . Berikut beberapa tips yang dapat saya share :

1. Perbanyaklah relasi anda, sehingga anda up to date dan tahu betul informasi2 tentang STP khusunya mengenai pendaftaran, tes2 yang dilakukan, serta persyaratan2 yang harus dipenuhi  (ingat bahwa manusia adalah makhluk sosial artinya anda tidaklah bisa hidup sendirian, anda pasti butuh bantuan orang lain). 
2. Saat anda mendaftar saling berkenalanlah dan bersikap baik dengan siapa saja rekan anda mendaftar ataupun  calon kakak senior anda jika diterima (yups siapa tahu anda ternyata diterima tahun/angkt berikutnya sehingga rekan anda mendaftar skrang bisa jadi senior anda nantinya, jika sudah ada hubungan baik tentunya hal ini akan sangat membantu anda).
3. Berusahalah dengan sungguh2 dan tentunya anda harus menggunakan kecerdasan anda semaksimal mungkin dalam berusaha (anda harus mpy prinsip " Bekerja Keras Sampai Tuntas, Cerdas agar hasilnya Berkualitas",.....(kt2 dri dosen saya nie, hehe))
4. Persiapkanlah diri anda semaksimal mungkin untuk menjalani tes masuk (kembali ke poin no 3)
5. dan poin ini adalah yang paling penting..............yaitu......
Selalu berdoalah kepada Allah SWT , karena anda pasti sudah tahu dan yakin bahwa Dialah Yang Maha Kuasa atas Segala Sesuatu , Dialah Yang Maha Berkehendak...Dialah Yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.....(ada ust saya yang bilang " usaha tanpa doa itu Sombong, dan doa tanpa usaha itu Bohong".... )

Itulah mungkin beberapa tips & trik yang dapat saya share...jika ada kesalahan maupun kekurangan mohon dimaklumi (sekali lagi ya lumrah to wong saya manusia biasa, hehe).  Sebelumnya ingatlah bahwa jika anda diterima hal pertama yang harus anda lakukan adalah bersyukur kpd Allah SWT, kemudian berterimakasih sebesar-besarnya kpd orang tua anda maupun saudara2 anda yang selalu mendukung anda, dan yang terakhir anda harus selalu ingat jangan sampai mengecewakan mereka yang telah berusaha sekuat tenaga mendukung anda karena jika anda mengecewakan mereka itu berarti bahwa anda telah mengecewakan diri anda sendiri, mempermalukan diri anda sendiri, menginjak-injak diri anda sendiri....(serem amat ya :( ).....selalu konsisten dengan niat dan tekad terhadap tujuan anda, berusahalah mencapainya dan akan lebih mudah jika anda selalu berhubungan baik dengan siapapun....:)

Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat.........
tunggu episode selanjutnya yakkkkkkk..........
...Jangan lupa komentarnya ya,...:) 

3 komentar:

  1. kak,cara daftar stp gimana ya? Lewat online atau ngirim berkas?
    Tapi kok ditulisannya berkas diserahkan setelah lolos ujian tahap 1.terimakasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Anda ingin update blog ini via facebook hanya dengan meng-klik "like" pada facebook fan page ??? KILK DI SINI untuk mengetahui caranya