06 September 2012

Makanan Yang Harus di Hindari Karena Membuat Ngantuk


Bagi seseorang yang mempunyai kesibukan yang padat tentu akan sangat merugikan jika mengalami ngantuk/kantuk, terlebih jika waktu tidur kita telah sesuai dengan standar kebutuhan tidur sehari-hari dimana disarankan seorang manusia diharuskan untuk tidur 8 jam dalam sehari.

Terkadang, walaupun tidur kita telah cukup, tetapi kita masih sering merasakan kantuk sehingga membuat perkerjaan kita kurang optimal. Rasa kantuk itu bukan disebabkan kurangnya waktu tidur kita melainkan disebabkan oleh makanan yang kita makan.

Bagi orang yang tidak tahu, mungkin akan menganggap kalau makanan apa saja tidak masalah kalau dimakan, yang penting bisa mengisi perut kita. Tetapi justru karena dari makanan lah kita dapat mengalami ngantuk/kantuk walaupun telah tidur sesuai dengan standar kebutuhan tidur manusia.

Berikut merupakan makanan-makanan yang dapat membuat kantuk/ngantuk :


1. Makanan Manis.

        Mengapa makanan manis?, makanan yang manis banyak mengandung karbohidrat dan gula dimana makanan-makanan tersebut mudah dicerna sehingga metabolisme kita akan berkerja lebih cepat sehingga tubuh terasa lemas dan otak kita akan memberikan sugesti kantuk/ngantuk sehingga membuat rasa ingin tidur.

Alasan Ilmiah nya, Karbohidrat dan gula mempercepat pelepasan triptofan dan serotonin, bahan kimia otak yang memicu tidur.

2. Makanan Berlemak.

       Seperti yang sudah kita tahu, kalau makanan berlemak itu sangan buruk dampaknya bagi kesehatan, mulai dari kegemukan, kolesterol, dll. Nah, ternyata makanan berlemak juga dapat membuat kita merasa kantuk/ngantuk. Hal ini disebabkan karena makanan berlemak cendrung lebih sulit dicerna oleh organ pencernaan, dimana umumnya untuk mencerna makanan berlemak membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam.

        Oleh karena itu ketika kita merasa lapar kemudian kita makan-makanan berlemak makan energi kita akan pulih sekitar 6 sampai 8 jam selanjutnya. jadi sewaktu mencerna makanan tersebut kita tidak mempunyai energi sehingga akan membuat kita merasa lemas dan mengantuk.

         Makanan berlemak juga diketahui dapat mengurangi kemampuan mengingat, jadi kurangi lah makan-makanan berlemak karena hampir tidak mempunyai damapk positif selain membuat perut kita kenyang.

3. Makanan Rendah Zat Besi


          Zat besi adalah zat penghasil energi dan pembakar kalori. Dimana jika seseorang kekurangan zat besi maka orang tersebut akan merasa cepat lelah dan tidak energik. Ada banyak makanan yang menghasilkan zat besi antara lain, tahu, labu hijau, daging merah dan paha ayam.

           Kenapa paha ayam?, karena paha ayam terbukti dapat meningkatkan zat besi lebih baik di banding bagian dada atau lainnya. Daging merah, walaupun daging merah menghasilkan zat besi namun daging juga menghasilkan kolesterol yang cukup banyak, jadi lebih baik memilih paha ayam ketimbang daging merah demi menjaga kesehatan kita kelak.


4. Anggur Merah.

        Para ilmuwan dari italia telah menemukan bahwa buah anggur yang digunakan untuk membuat anggur merah (wine) mengandung kadar hormon tidur melatonin yang tinggi. Melatonin alami ini disekresikan oleh kelenjar pineal di otak, terutama pada malam hari. Mengonsumsi anggur merah dapat membuat kita mengantuk.

         Hal ini dikerenakan alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin. Tetapi jangan menggunakan alkohol sebagai pengganti obat tidur, karena alkohol mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.


Jadi berhati-hatilah dalam memilih makanan, jika ingin sekali memakan-makanan di atas, perhatikan dahulu jadwal kegiatan kamu, jangan sampai kantuk/ngantuk menghalangi kinerja kamu dalam berkreasi.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.
sumber : http://belanjapagi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Anda ingin update blog ini via facebook hanya dengan meng-klik "like" pada facebook fan page ??? KILK DI SINI untuk mengetahui caranya