31 Mei 2012

Trik Tendangan Bebas PES 2012


PRO EVOLUTION SOCCER 2012
Manfaatkan Situasi Bola Mati
BEBERAPAperubahan dilakukan pada Pro Evoliton Soccer 2012 dari versi pendahulunya. Pada PES 2012 sangat mudah dimainkan oleh gamer tanpa mengurangi keseruan bermain dan kesesuaian dengan dunia nyata.
Salah satu pembenahan yang dilakukan terkait pada mengeksekusi set piece. Jika pada PES 2011 menggunakan kombinasi rumit untuk mencetak gol, kini pada PES 2012 tak dijumpai hal tersebut.
Berikut diberikan sejumlah tips dasar dalam memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol.
TENDANGAN BEBAS 
Algojo Harus Tepat
Dalam sepak bola, tendangan merupakan salah satu cara ampuh untuk mencetak gol. Hal tersebut juga berlaku di video gamer. Sayang, karena belum tau teknik atau cara menendang yang baik akan berbuah kesempatan untuk mencetak gol terbuang percuma.
Sebagai langkah awal, terlebih kita harus memilih pemain yang akan menjadi eksekutor. Sebab, kekuatan tendangan, akurasi, atau gaya menendang setiap pemain akan berbeda. Ada beberapa kreteria umum yang harus dimiliki oleh si aljogo untuk bisa mencetak gol lewat tendangan bebas. Berikut ini standarisasinnya dan beberapa cara yang mesti diperhatikan dan dikuasai aat melakukan tendangan bebas di PES 2012.
Swerve : 80 – 90
Shot accuracy : 80 – 90
Place kicking : 85 – 90
Kicking power : 85 – 95
Special abilities : Scoring, middle shooting
1. Short free kick (16-24 meter)
Pada posisi ini kekuatan tendangan tak perlu terlalu keras. Usahakan ukuran guage tendangan tak lebih dari setengah bar. Saat ingin melakukan tendangan arahkan analog ke kiri atau kiri kanan untuk menambah efek lengkungan. 
 2. Medium free kick (24-30 meter)
tekan tombol kotak, isigauge tenaga tendangan sekitar 60-70 persen dari bar. Saat bola melayang, arahkan analog ke kiri atau ke kanan untuk efek lengkungan sembari menekan tombol silang. Saat bola hampir mendekati ke gawang arahkan analog ke bawah agar bola menukik.
 3. Long free kick (30 meter atau lebih)
Pilih penendang yang memiliki kekuatan tendangan diatas rata-rata. Jika memilih kekuatan tendangan besar seperti Steven Gerrard atau Cristiano Ronaldo, gauge tenaga terisi 50 persen sudah cukup. Saat bola melayang diudara, lengkungan dengan mengarahkan analog ke kiri atau ke kanan.
Kombinasi Tendangan Bebas
Biasanya, trik ini dilakukan untuk tendangan bebas jarak pendek. Untuk tendangan bebas yang menggunakan kombinasi antara penendang kedua ini, penggunaannya tetap sama dengan short free kick. Hanya, untuk melakukan gerak tipu, tekan terus L1 dan R1. Usahakan penendang memiliki shot power diatas 85. Ini berguna agar laju bola tak mampu ditahan kiper lawan.
Jika ingin penendang kedua yang melakukan eksekusi, tekan L1 dan tombol silang, setelah itu secara cepat tekan tombol kotak dengan gauge mencapai setengah bar.
Sementara jika mengiginkan penendang pertama yang melakukan eksekusi, dua kali tekan L1 dan R1. Setelah itu tekan tombol kotak L1 dan arahkan analog ke arah bawah. Perlu diperhatikan pula, saat bola bergulir, kekuatan tendangan biasanya mencapai 50 persen gauge bar.
Knukle Free Kick
Ini adalah tendangan bebas khas Cristiano Ronaldo.Melakukannya terbilan sulit. Dibutuhkan ketepatan waktu untuk melakukannya. Caranya, tekan tombol kotak untuk menendang, sekaligus mengukur kekuatan tendangan. Saat bola beraa di udara, tekan kembali tombol kotak.
TENANDANGAN PENJURU
Arah Menentukan
Tendangan penjuru merupakan salahsatu situasi bola mati yang paling serin terjadi di sepak bola. Termasuk juga PES 2012. Jadi, alangkah ruginya gamer jika tak bisa memanfaatkan untuk menjebol gawang lawan.
Set Piece Menu
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih penendang. Pilih dari menu “Set Piece” di menu “Game Plan”. Perlu diperhatikan, angka-angka yang direkomendasikan bisa berubah, tergantung arah temdangan penjuru. Pemain yan memiliki kaki kanan yang kuat, akan lebih baik ditempatkan sebagai penendangdari sisi kana penyeranan agar bola bergerak menjauhi gawang, sehingga sulit dijangkau kiper lawan.
Bek Membantu
Sejumlah gamer kadang tidak bisa memaksimalkan peran defender jankung yang dimilikinya untuk membantu penyerangan. Padahal, biasanya mereka punya kemampuan menyundul yang baik. Agar bek mau menjamu saat tendangan penjuru, pilih menu “Set Piece” dari “Game Plan”. Pilih submenu “Players to Join Attack” untuk meminta bek berada di kotak penalti lawan saat tendangan penjuru.
Variasi Tendangan
Ukuran tendangan dari pemain bisa menentukan arah tujuan bola. Biasanya, gauge power diisi setengah agar bola berada di luar kotak enam meter sehingga tak dijangkau kiper lawan.
Manfaatkan kemampuan pemain untuk melepaskan tendangan melengkung (swerve) dengan menggunakan tombol arah. Biasanya, pemain yang dominan kaki kanan akan punya kemampuan melengkung ke kiri, begitu pula sebaliknya. Tombol R2 bisa digunakan untuk menambah variasi.
TENDANGAN PENALTI
SIMPEL
Berbeda dengan PES 2011 yang butuh trik khusus, mengeksekusi penalti pada PES 2012 sangatlah mudah. Untuk menentukan arah tendangan ke atas atau mendatar, ada power gauge yang “mengatur”. Jika ingin tendangan mendatar, tekan tombol kotak sebentar saja. Sementara untuk raha tendangan, tinggal memencet arah ke kiri atau ke kanan.
sumber : Tabloid SOCCER

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Anda ingin update blog ini via facebook hanya dengan meng-klik "like" pada facebook fan page ??? KILK DI SINI untuk mengetahui caranya